PROPOSAL PEMBUATAN WEBSITE PENJUALAN FRIED CHICKEN (E-COMMERCE)
Oleh Kelompok 6:
Andre Revanska (50412815)
Ayu Pramesywary (51412290)
Dhea Pattah (51412985)
Ekanovita Indriwati (58412100)
Pamula (55412624)
Raka Andia Rahman (55412964)
Usfatun Latifah (57412529)
Andre Revanska (50412815)
Ayu Pramesywary (51412290)
Dhea Pattah (51412985)
Ekanovita Indriwati (58412100)
Pamula (55412624)
Raka Andia Rahman (55412964)
Usfatun Latifah (57412529)
Dosen : Dr. RINA NOVIANA, SKom., MMSI.
Pengantar Bisnis Informatika
Teknik Informatika
Teknik Informatika
Universitas Gunadarma
2016
2016
1. Latar Belakang
Teknologi internet sudah terbukti merupakan salah satu media informasi yang efektif dan efisien dalam penyebaran informasi yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Teknologi internet memiliki efek yang sangat besar pada bisnis. Dengan hanya dari rumah atau di mana pun berada, calon pembeli dapat melihat produk-produk yang ditawarkan pada layar komputer atau handphone, mengakses informasinya, memesan dan membayar dengan pilihan yang tersedia. Calon pembeli dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu datang ke tempat transaksi. Transaksi secara online dapat menghubungkan antara penjual dan calon pembeli secara langsung tanpa dibatasi oleh suatu ruang dan waktu. Hal ini menunjukkan bahwa transaksi penjualan secara online mempunyai calon pembeli yang potensial.
Pada saat ini sudah banyak usaha penjualan yang dilakukan secara online. Seperti salah satu contoh makanan cepat saji ini yaitu ayam goreng dengan nama produknya yaitu Fried Chicken. Fried Chicken ini telah berkembang kurang lebih sejak lima tahun yang lalu. Dikembangkannya usaha ini karena melihat banyaknya masyarakat dari mulai anak-anak hingga dewasa yang menyukai ayam goreng. Melihat perkembangan usaha dari tahun ke tahun, akhirnya Fried Chicken dapat membuka beberapa cabang.
Namun, ketatnya persaingan dagang membuat Fried Chicken harus dapat berkreasi dan berinovasi, apalagi sistem penjualannya masih terbilang manual. Sehingga untuk memanjakan para konsumennya, Fried Chicken diharapkan dapat melayani delivery order untuk konsumen yang lokasinya cukup jauh dan untuk konsumen yang memang sibuk karena bekerja, sehingga mereka tidak sempat untuk datang ke outlet Fried Chicken secara langsung.
Dari tingginya minat konsumen, usaha penjualan ayam goreng Fried Chicken yang mulai berkembang, serta menyikapi persaingan dagang yang ketat, maka untuk menunjang kelancaran usaha ini, dibuatlah website penjualan ayam goreng Fried Chicken. Diharapkan dengan adanya website ini, produk Fried Chicken bisa lebih dikenal masyarakat luas serta menjadi wadah untuk menjembatani para pembeli dengan pemilik usaha agar mudah melakukan transaksi dengan lebih mudah dan cepat.
2. Batasan
Website penjualan ayam goreng Fried Chicken ini, mempunyai batasan seperti dari sisi pengguna terdapat halaman utama, signin, signup. Dari sisi pengguna ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu masuk sebagai member biasa atau masuk sebagai member franchise. Pada sisi admin terdapat halaman masuk dan halaman dashboard.
3. Tujuan
Dengan adanya website ini diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dalam memesan ayam goreng Fried Chicken. Selain itu produk Fried Chicken bisa lebih dikenal masyarakat luas melalui internet, serta meningkatkan penjualan Fried Chicken itu sendiri.
4. Tahap Pembuatan Website
Tahap-tahap pembuatan web ini antara lain sebagai berikut :
a. Perencanaan Pembuatan Website
b. Analisa Pembuatan Website
c. Perancangan Website
d. Implementasi Website
e. Uji coba Website
5. Rancangan Tampilan Website
a. Index : Tampilan utama dari web Fried Chicken, yang mana ditampilan awal ini terdapat home, slider, content, menu teratas, footer, serta copyright.
b. About : Menampilkan penjelasan tentang Fried Chicken, mulai dari awal berdirinya, sepak terjangnya dalam mengembangkan usaha, serta penjelasan yang berkaitan dengan usaha ini.
c. Menu : Menampilkan menu-menu yang tersedia, selain itu dapat juga memesan menu yang dipilih.
d. How-to-order : Menampilkan bagaimana cara pemesanan dari menu-menu yang tersedia.
e. Contact : Menampilkan maps dari letak cabang Fried Chicken, serta form pesan atau saran.
f. Popup_login : Menampilkan form untuk masuk ke halaman web sebagai user biasa atau masuk sebagai member franchise.
g. Popup_signup : Menampilkan form regidtrasi jika belum menjadi member biasa ataupun member franchise, dapat mendaftarkan diri dengan memilih Join Us.
h. Member : Menampilkan informasi tentang member, profile, view order, testimonial, serta log out.
i. Member_profile : Menampilkan informasi tentang member itu sendiri. Member juga dapat memperbarui informasi tentang dirinya di bagian profile ini.
j. Member_view : Menampilkan informasi tentang transaksi pemesanan kita.
k. Member_testimonial : Menampilkan form untuk memberikan testimoni dari member.
l. Franchise_menu : Menampilkan profile tentang anggota franchise tersebut.
m. Forum : Menampilkan tips dari anggota-anggota franchise, sehingga antara anggota franchise bisa saling memberikan masukan.
n. Index (Admin) : Terdapat dalam folder admin yang mana akan menampilkan for untuk login sebagai admin.
6. Waktu Pengerjaan Website
Proses dalam menyelesaikan pembuatan website fried chicken ini, dibutuhkan proses selama 3 – 5 minggu terhitung dari tanggal persetujuan antara konsumen dengan pihak yang terkait.
7. Rincian Biaya Pengerjaan
Uraian
|
Biaya
|
Jasa Pembuatan Website
|
Rp 2.500.000
|
Biaya Paket Housting
|
Rp 500.000
|
Jasa Perawatan Website
|
Rp 150.000
|
Registrasi Domain
|
Rp 500.000
|
Input Data Awal dan Analisi
|
Rp 250.000
|
Total
Biaya
|
Rp
3.900.000
|
Catatan tambahan :
Setiap konsumen akan memperoleh username, password, domain serta tutorial langkah-langkah penggunaan dari website fried chicken.
Referensi
http://perancanganwebinternet.blogspot.com/2013/10/proposal-pembuatan-website-e-commerce.html
https://indraspamungkas.wordpress.com/2015/01/08/proposal-pembuatan-website-online-ticketing-persija-tugas-softskill/
No comments :
Post a Comment